Cara Setting Access Point EnGenius


Selamat Datang di Info Bagus. Pada postingan kali ini Admin akan berbagi ilmu tentang "Tutorial Sederhana Cara Setting dan Konfigurasi EnGenius  sebagai Acces Point". Di Era sekarang ini, hampir setiap sudut kota banyak kita jumpai Layanan Wifi baik yang gratisan maupun yang di protect dengan password. Mungkin sebagian dari kalian sudah pernah melakukan setting dan konfigurasi sebuah acces point menggunakan produk EnGenius namun bagi teman-teman yang masih awam dan belum paham berikut Admin akan jelaskan dan Admin sertakan dengan gambar agar lebih mudah di pahami.






Langkah-Langkah Setting dan Konigurasi Sebuah Acces Point menggunakan EnGenius

  1. Pertama persiapkan terlebih dulu peralatannya (Laptop/PC, Kabel Jaringan, dan EnGenius).
  2. Hubungkan Device EnGenius  dengan Laptop/PC menggunakan kabel jaringan
  3. Ubah IP Addres Laptop/PC agar sekelas dengan IP Device EnGenius (contoh : 192.168.1.10). Perlu di ingat, IP Addres default EnGenius yakni 192.168.1.1 maka untuk IP Laptop/PC kalian bisa menggunakan 192.168.1.2, 192.168.1.3 dan seterusnya. disini Admin menggunakan IP 192.168.1.10 untuk IP Laptop Admin.

  4. Setelah IP Laptop sudah di masukan, browsing ke IP Addres Device EnGenius (192.168.1.1). Disitu kalian harus login terlebih dahulu. Username dan password masih default (username : admin dan password : admin).
  5. Pada tampilan awal (Main Menu), disitu kalian bisa melihat informasi detail perangkat EnGenius. Semuanya masih settingan default.
  6. Klik Operation Mode (Menu System), pilih Acces point untuk operation modenya, Country region pilih indonesia dan device name bisa di ubah sesuai kehendak kalian (device name hanya untuk identitas device EnGenius). Setelah selesai lalu klik Apply untuk menyimpan perubahan.

  7. Di menu Wireless klik Wireless Network, klik edit untuk mengatur SSID Device.
  8. SSID merupakan nama wifi, jadi SSID isi sesuai dengan selera kalian (disini Admin memberi nama SSID nya yaitu WIFI GRATIS). untuk wireless security pilih WPA2-PSK pada security modenya, passphrase (password wifi) isi sesuai keinginan kalian. Jika wifi yang kalian setting tidak ingin di password (bisa di gunakan semua/publik) security modenya pilih none. selanjutnya klik save. 
  9. Pada kotak berwarna merah di situ sudah terlihat nama SSID yang sudah di setting tadi, selanjutnya klik Accept untuk menyimpan perubahan.
  10. Pada Menu Management, bagian Administration untuk merubah user name dan password, namun jika tidak ingin merubah user name dan password lewati langkah ini.
  11. Time Setting atur sesuai dengan lokasi kalian, jika menggunakan time setting automatis silahkan pilih UTC +08:00 untuk time zone nya. Jangan lupa klik save/apply.
  12. Selanjutnya masuk di IP Setting. masukan IP Addres sesuai dengan settingan IP lokal  pada jaringan yang kalian gunakan. klik Accept.
  13. Selanjutnya klik Save/Reload untuk melihat settingan yang sudah di lakukan
    perubahan. Jika sudah sesuai langsung saja klik
    Save & Apply.
  14. tunggu hingga Proses save & apply selesai..


Sekarang Device EnGenius sudah bisa berfungsi sebagai Acces Point dengan nama SSID (Nama Wifi) : WIFI GRATIS. Hubungkan Device EnGenius dengan perangkat router, lalu dari laptop kalian coba aktifkan wifi dan lihat apakah SSID yang kalian setting bisa ditemukan. Jika sudah di temukan coba langsung di hubungkan/di connect kan.

Disini Admin sudah bisa menggunakan Wifi dengan SSID : WIFI GRATIS yang baru di setting. 








Semoga Bermanfaat.
Previous
Next Post »